Senin, 17 Januari 2011

Jawaban PTI Binus Maya Chapter 4


Isian Singkat

15. pengolah kata
16. scrolling
17. insert, delete, find, replace
18. grid
19. kursor
20. lisensi perangkat lunak
21. key
22. desktop publishing
23. spreadsheet
24. wordwrap
25. default setting
26. public-domain
27. device driver

Pertanyaan pilihan ganda

7. c. penyusutan struktur
8. b. pop-in menu
9. b. alamat sel
10. b. antarmuka grafis
11. c. public-domain perangkat lunak

Pertanyaan benar/salah

8. B
9. B
10. S
11. B
12. B
13. S
14. S
15. B
16. S

Pembelajaran tahap 2

9. Perangkat lunak open-source adalah perangkat lunak yang dapat di-download dari internet secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai perbaikan yang telah disarankan, namun perubahan tersebut tidak boleh dipatenkan sehingga bisa diakses orang lain serta tetap berada di public domain.
10. Defragmentasi adalah proses pencarian data-data yang tersebar acak pada saat penyimpanan data baru pada ruang-ruang disk yang kosong dan mengatur ulang lokasinya agar menjadi berurut.
11. Embedded system adalah sistem komputer khusus sebagai bagian dari sistem atau mesin yang lebih besar, umumnya digunakan pada mobil, pesawat terbang, kereta api, pesawat ruang angkasa, alat-alat bermesin, arloji, alat rumah tangga, ponsel, PDA, dan robot.
12. a. perangkat lunak manajemen proyek berfungsi untuk merencanakan dan menjadwalkan orang-orang, biaya, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek agar tepat waktu.
b. perangkat lunak desktop-publishing berfungsi untuk mengatur karakteristik tipografi dan pekerjaan yang penuh warna.
c. perangkat lunak database berfungsi untuk membuat dan mengelola struktur database serta untuk mengakses data.
d. perangkat lunak spreadsheet berfungsi untuk membuat tabel dan penjadwalan finansial dengan cara memasukkan data dan rumus-rumus ke dalam baris dak kolom yang terbentuk sebagai grid di layer.
e. perangkat lunak pengolah kata berfungsi untuk membuat, meng-edit, format, mencetak, dan menyimpan materi teks.
13.
14. pop-up menu berisi sederet perintah di layar bagian mana saja ketika anda mengklik kanan mouse, pull-down menu berisi sekumpulan perintah yang ditarik dari menu bar di layer bagian atas, sedangkan cascading menu merupakan menu baru yang muncul ketika memilih salah satu perintah.
15. impor file adalah proses pengambilan data dari sumber lain kemudian mengubahnya dalam bentuk yang kompatibel dengan program yang sedang dijalankan, sedangkan ekspor file adalah pengubahan data ke dalam bentuk yang bisa digunakan di program lain lalu ditransmisikan.
16. program menggambar membuat para pengguna bisa mendesain dan mengilustrasikan objek atau produk dalam bentuk gambar vector, sedangkan program untuk mewarnai membuat pengguna dapat melakukan simulasi warna di layar yang menghasilkan gambar bit-map atau gambar raster yang tersusun dari titik-titik kecil.
17. program computer-aided design (CAD) ditujukan untuk mendesain produk, struktur, gambar teknik sipil, dan peta.
18. site license berarti perangkat lunak  dapat digunakan pada seluruh komputer di lokasi tertentu, concurrent-use license berarti sejumlah salinan perangkat lunak dapat digunakan pada waktu yang sama, multiple-user license berarti membatasi jumlah orang yang bisa menggunakan perangkat lunak tersebut, sedangkan single-user license berarti hanya satu orang pengguna dalam satu waktu

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

8. Jika saya membeli komputer baru, maka yang pertama kali saya lakukan adalah menginstal sistem operasi seperti Windows, perangkat lunak anti virus, baru kemudian menginstal perangkat lunak aplikasi, seperti:
a.   perangkat lunak produktivitas (seperti Microsoft Office, browser web, aplikasi pemrograman) karena perangkat lunak ini menunjang dan membantu dalam menyelesaikan tugas dan pembelajaran di masa kuliah.
b.   perangkat lunak khusus (seperti Adobe Photoshop, MPEG Encoder, Winamp, dan lain sebagainya) karena saya senang memutar maupun meng-edit file multimedia.
c.   perangkat lunak untuk hiburan (game) karena saya suka bermain game komputer.

11. Desktop publishing dapat dikerjakan di rumah untuk keperluan pribadi. Untuk mengerjakannya, maka kita harus membeli printer laser dan program khusus DTP seperti Quark XPress, Adobe In Design, dan Adobe PageMaker.

Latihan web

8. Dengan fitur konversi file di Microsoft Word maupun Microsoft Power Point menjadi format HTML, maka kita dapat dengan mudah mendesain halaman web sendiri dan dapat dengan mudah memasukkan file teks dan slide ke dalam web. Sebagai contoh, untuk melihat slide materi kuliah di BinusMaya, kita tidak perlu menyimpan file slide ke komputer, tetapi cukup dengan membukanya saja di browser web sehingga dapat pula menghemat memori komputer yang besarnya terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar