Senin, 17 Januari 2011

Jawaban PTI Binus Maya Chapter 5

Isian Singkat

  1. dumb
  2. impact dan non-impact
  3. ergonomi
  4. trackball
  5. perangkat keras input output
  6. biometric
  7. cathode-ray tube
  8. liquid crystal display
  9. PDL (page description language)
  10. video conference
  11. aktif dan pasif
  12. CTS (carpal tunnel syndrome)
  13. DPI atau dot per inch
  14. impact
  15. laser

Pertanyaan pilihan ganda

  1. c
  2. e
  3. e
  4. d
  5. b

Pertanyaan benar/salah

  1. B
  2. B
  3. S
  4. S
  5. B
  6. B
  7. B
  8. S
  9. S
  10. S
  11. S
  12. S
  13. B

Pembelajaran tahap 2

  1. dumb terminal biasanya digunakan oleh pegawai reservasi pesawat untuk mengakses komputer mainframe berisi informasi penerbangan
  2. karakteristik yang menentukan tingkat ketajaman layar komputer adalah dot pitch, resolusi, kedalaman warna atau color depth, dan refresh rate.
  3. pemiindaian sangat bermanfaat untuk memindai barcode (barcode barang di supermarket) dan memindai media cetak (scanner).
  4. entri data sumber adalah data yang akan dimasukkan ke dalam komputer untuk diproses
  5. piksel (picture element) adalah unit terkecil pada layar yang dapat dibuat on dan off atau memiliki tingkat kegelapan berbeda.
  6. RSI (repetitive stress/strain injury) adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, dan leher kareba otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Sedangkan CTS (carpal tunnel syndrome) adalah kondisi lemah disebabkan oleh tekanan pada saraf tengah di pergelangan tangan, sehingga memunculkan sakit pada jaringan saraf dan otot (tendon) tangan. Kedua penyakit ini merupakan masalah karena seringkali menimpa kebanyak pengguna komputer sehingga akan mengurangi efisiensi kerja.
  7. huruf (font) adalah karakter abjad yang dibaca oleh komputer sebagai kode (misalnya kode ANSI atau ASCII)
  8. jenis-jenis printer adalah printer impact (membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu, misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta, sehingga memunculkan gambar ke kertas) dan printer non-impact (membentuk karakter dan gambar tanpa –perlu kontak fisik langsung antara mekanisme pencetakan dan kertas). Printer non-impact sendiri terbagi menjadi 5 macam, yaitu printer laser (mencetak gambar sebagai kumpulan dot), printer inkjet (menebarkan cairan tinta yang dialiri listrik dari empat nozzle dalam bentuk matriks berkecepatan tinggi ke atas kertas), printer termal (menggunakan kertas khusus yang bisa berwarna lebih gelap jika dikenai panas), printer termal transfer-wax (mencetak tinta berbasis wax ke atas kertas), dan printer foto (mesin khusus untuk mencetak foto berukuran tertentu dengan menggunakan kertas khusus yang bisa diwarnai dan pita khusus berwarna transparan).
  9. monitor CRT adalah monitor dengan tabung hampa yang digunakan sebagai layar komputer atau terminal video, sedangkan monitor LCD lebih tipis, lebih ringan dan irit daya; terbuat dari dua piringan kaca yang dipisahkan oleh sebuah lapisan tempat manipulasi cahaya.
  10. OCR (optical character recognition) berfungsi untuk mengubah teks yang dipindai dari bentuk gambarnya (gambar teks tersebut) ke dalam format teks yang bisa di-edit (biasanya ASCII) sehingga bisa diimpor dan diubah-ubah di aplikasi pngolah kata.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

2. menurut saya, paperless office merupakan ide yang bagus. Hal ini berarti akan mengurangi penggunaan kertas sehingga secara tidak langsung akan mengurangi sampah. Ide ini sangat mungkin dilakukan karena perkembangan dunia komputer yang sangat pesat. Untuk saat ini, hal ini belum bisa tercapai karena masih banyak pihak yang menginginkan file dalam bentuk media cetak (kertas) karena mereka beranggapan bila data tersebut dalam bentuk softcopy akan cepat rusak/hilang.

7. teknologi biometric yang saya pilih adalah intonasi suara. Menurut saya, yang akan popular di masa depan adalah identifikasi retina.

Latihan web

9. huruf di layar komputer merupakan kumpulan kode-kode biner yang dapat dibaca oleh komputer (seperti ASCII) sedangkan huruf di printer merupakan bentuk asli kode-kode biner tersebut. WYSIWYG merupakan kepanjangan dari What You See Is What You Get, umum digunakan dalam dunia komputer untuk menjelaskan tentang hal yang dilihat di komputer sama seperti hasil inputnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar